Sunday, January 29, 2012


Sebagai warga Negara yang lahir dan tinggal di Indonesia, kita harus memiliki rasa Nasionalisme. Cara menunjukkannya bukan dengan ikut berperang melawan penjajah atau begerilya untuk mengusir para penjajah. Kini, Indonesia telah merdeka! Indonesia memiliki wilayah yang luas dan tanah yang subur. Penduduk yang tersebar di berbagai daerah memiliki adat dan kebudayaan yang beraneka ragam. Sebagai warga Negara Indonesia, kita wajib dan harus untuk menjaga serta melestarikan semua kebudayaan yang ada di Indonesia. Cara kita untuk membuktikan rasa bangga dan cinta pada Indonesia yaitu kita harus menggunakan produk buatan dalam Negeri sendiri. Produk-produk buatan dalam negeri sebenarnya tak kalah bagusnya dari produk Negara lain. Untuk meyakinkan kepada Negara lain bahwa produk Negara kita berkualitas. Bisa dimulai dengan cara semua warga Negara Indonesia bangga menggunakan produk konten lokal Indonesia.
Logo XL Axiata
Memang sekarang ini banyak konten-konten yang telah ditawarkan di Indonesia. Konten dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Tidak salah jika kita menggunakan konten yang ditawarkan Negara lain. Namun alangkah lebih baik jika kita menggunakan konten buatan anak negeri sendiri. Sebagai bukti rasa cinta kita kepada Negara Indonesia dan sebagai bukti kalau Negara kita telah mampu membuat konten yang tidak kalah dari Negara lain. XL Axiata (XL Konten Seru) memberikan dukungan penuh kepada para masyarakat pengguna internet khususnya Blogger untuk menuliskan tentang konten-konten Lokal buatan anak bangsa. Ini dimaksudkan supaya ketika para pengguna internet mencari konten-konten lokal Indonesia bisa mendapatkan informasi yang spesifik dan detail mengenai konten-konten lokal yang ada di Indonesia. Banyak konten lokal yang telah ditawarkan dimasyarakat. Bahkan XL menawarkan konten-konten seru yang bisa diakses para pengguna XL seperti XL Game, RBT music, SMS Content XL, Nongrong Seru, Layanan Seru (Life Tools, Voice&Video) dan masih banyak lagi konten-konten seru yang diberikan XL kepada para pelanggannya silahkan pelajari di Layanan Seru.

Selain Konten-konten yang ditawarkan XL kepada para pengguna telepon seluler ada pula konten dari Indonesia yang membicarakan tentang Otomotif dan sedang marak dibicarakan di awal tahun 2012. Anak SMK dari Solo telah berhasil membuat Mobil yang kualitasnya tidak kalah dari buatan Negara Asing. Ini membuktikan bahwa kemampuan dari Anak bangsa telah mampu bersaing dengan Negara lain. 
Mobil Kiat Esemka
Saat ini yang dibutuhkan oleh Negara Indonesia adalah sebuah konten yang mampu bersaing dengan konten dari Negara lain. Contohnya Mobil yang diberi julukan Mobil Kiat Esemka. Untuk meningkatkan kepercayaan dari Negara lain kalau Mobil buatan anak Negeri kita ini berkualitas, bisa dimulai dari Warga Negara kita sendiri menggunakan Mobil Kiat Esemka. Walikota Solo sangat mendukung konten lokal Indonesia, ditunjukkan dengan cara mengganti Mobil dinasnya dengan mobil buatan anak SMK. Bapak Jokowi selaku Wali kota solo, sangat bangga menggunakan Mobil Buatan anak SMK 2 dan SMK Warga Surakarta.

Berdasarkan spesifikasinya, mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) berbahan bakar bensin tersebut memiliki panjang 4,8 meter, lebar 1,74 meter, tinggi 1,84 meter dan mampu memuat tujuh penumpang. Sekitar 144 komponen mesin berkekuatan 1.500 cc disuplay langsung oleh PT Autocar dan kemudian komponen tersebut dirakit oleh seluruh siswa permesian menjadi mesin yang utuh dan layak digunakan.

Mobil Kiat Esemka merupakan konten lokal hasil karya siswa SMK di Solo yang bekerjasama dengan perusahaan perakitan mobil, Kiat Motor di Kabupaten Klaten. Dengan munculnya mobil buatan anak negeri, ini menunjukkan kalau Bangsa kita ini mulai bangkit dari tidur panjang di bidang otomotifnya.


Mobil Kiat Esemka Jadi Mobil Dinas Walikota Solo

Penggunaan mobil kiat SMK oleh Walikota Solo, menunjukkan kalau beliau cinta akan produk Indonesia sekaligus mempromosikan Mobil buatan anak SMK di kalangan masyarakat Luas. Itu terbukti ketika Bapak Jokowi mengganti Mobil dinasnya dengan Mobil buatan anak SMK itu langsung menyita perhatian sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bagaimana tidak, seorang anak yang masih duduk di Bangku SMK telah mampu mendesai dan membuat mobil yang tidak kalah dari mobil buatan Negara Asing. Mobil yang ditawarkan untuk masyrakat kelas menengah itu dihargai kisaran harga 95-100 juta rupiah. Harga yang cukup terjangkau bukan? 


Proses Perakitan Oleh Anak SMK

Manfaat dari konten lokal buatan Indonesia adalah supaya masyarakat lebih menghargai  hasil karya anak bangsa, karena sebenarnya orang Indonesia mempunyai potensi berkembang sangat tinggi, namun karena kurangnya perhatian dari pemerintah biasanya orang-orang yang berprestasi malah hanya dipandang sebelah mata. Karena adanya konten lokal, kita juga bisa mempromosikan Negara kita kepada Negara lain, memberikan konten-konten yang tidak kalah seru dan menariknya dibanding Negara-negara asing. Untuk mempromosikan konten-konten lokal buatan Indonesia tidaklah susah. Dengan kita menggunakan produk-produk buatan dalam negeri, itu sudah membuktikan bahwa kita itu cinta akan konten lokal. Selain itu, dengan adanya konten lokal, paling tidak kita sebagai warga Indonesia tidak selalu bergantung pada konten-konten buatan luar negeri. Karena Negara kita sendiri sudah mampu membuat konten yang tidak kalah menarik.  

Seharusnya SBY yang pertama pakai mobil kiat Esemka!

Dukungan pemerintah terhadap mobil Kiat Esemka terlihat masih kurang. Dan karena kurangnya dukungan ini, menjadikan kekhawatiran kalau adanya Mobil Esemka hanya selepas lewat saja. Untuk memberi kepercayaan kepada masyarakat kalau Mobil Esemka layak pakai, tidakkah lebih baik jika seluruh pejabat pemerintahan mengganti mobil dinas mereka dengan mobil buatan anak bangsa kita sendiri. Bahkan alangkah lebih baiknya jika Presiden yang tercinta kita juga menggunakan mobil buatan anak muda bangsa kita sebagai tumpangannya sehari-hari dalam menjalankan tugas Negara. Selain sebagai promosi kepada para masyarakat Indonesia sendiri, itu juga merupakan bukti kecintaanya pada produk buatan dalam negeri sendiri? Bukankah setiap waktu selalu digembar gemborkan kepada masyarakat “Cintailah Produk Dalam Negeri” oleh para pejabat!! Kalau seluruh pejabat menggunkan Mobil buatan negeri sendiri, maka para masyarakatnya pun akan percaya pada produk dari Negara sendiri. Oleh karena itu jangan biarkan Masyarakat Indonesia merasa lebih senang menggunkan produk buatan luar negeri!

5 comments:

Post a Comment