Wednesday, October 17, 2012

Pemakai Bra Beresiko Tinggi Terkena Kanker



Hasil studi menunjukkan wanita yang memakai bra selama 24 jam sehari berisiko paling tinggi terkena kanker payudara. Sedangkan wanita yang jarang memakai bra paling sedikit risikonya.

Perbandingan hasil studi tersebut menunjukkan:
3 dari 4 wanita yang memakai bra 24 jam per hari
1 dari 7 wanita yang memakai bra lebih dari 12 jam per hari, tetapi tidak menggunakannya saat tidur
1 dari 152 wanita yang memakai bra kurang dari 12 jam per hari
1 dari 168 wanita yang jarang atau bahkan yang tidak pernah memakai bra sama sekali

Jadi risiko wanita yang memakai bra selama 24 jam memiliki 125 kali lipat risiko terkena kanker payudara dibanding yang jarang memakai bra.

Waktu yang paling tepat untuk mengistirahatkan payudara dengan tanpa memakai bra adalah saat tidur. "Jangan tidur dengan bra," kata Sydney Singer, seperti dilansir dari chetday, Jumat (23/4/2010).

Bra berfungsi untuk menyangga dan menjaga keindahan payudara. Bra juga diperlukan untuk alasan kesopanan, agar bagian payudara dapat tertutup dengan baik. Karena setiap wanita membutuhkannya tentu saja ukuran akan berbeda-beda.

Menurut studi yang dilakukan The British School of Osteopathy, mengenakan bra yang ketat atau kencang dapat menekan tulang dan otot, sehingga membuat pemakainya sulit bernapas, nyeri bahu, leher dan punggung.

Studi yang dilakukan Dr Edward Ryan, seperti ditulis dalam Medical Journal of Australia menemukan, kaitan antara nyeri punggung dan pemakaian bra yang terlalu kencang.
   
Keluhan lain yang juga bisa muncul akibat penggunaan bra ketat adalah sembelit, kulit lecet atau terluka akibat tali dan kaitnya. 
   
Untuk perempuan yang berdada besar, pemakaian bra ketat memicu masalah di sekitar otot-otot di dada. Keluhan yang dirasakan seperti tertusuk atau terjepit di daerah tersebut, dan bisa terjadi gangguan sirkulasi hingga rusaknya jaringan pada payudara.

Tak hanya itu, pemakaian bra ketat juga ternyata memicu kanker. Sebuah studi terbaru yang dilakukan Harvard University mengaitkan antara pengenaan bra ketat dengan kanker payudara. Hal ini dikarenakan mengenakan bra yang sangat ketat dapat membatasi sirkulasi darah dan merusak jaringan getah bening.

No comments: