Saturday, October 6, 2012

Masjid Kocatepe Turki


Masjid Kocatepe memang pantas disebut sebagai masjid paling megah dan besar di Turki. Betapa tidak, dengan panjang 67 meter dan lebar 64 meter, masjid ini mampu menampung 24.000 orang jamaah di dalamnya.
Bangunan masjid ini bergaya arsitektur neo-klasik Ottoman. Empat pilarnya yang menjulang tinggi membuat bangunan masjid ini nampak begitu megah. Halaman masjid ini begitu luas dan terdapat berderet-deret kursi untuk sekedar duduk-duduk. Sangat menyenangkan sekali meningkmati pemandangan kota Ankara melalui masjid ini.
Kalau di Indonesia seluruh wanita yang melaksanakan sholat selalu mengenakan mukena. Lain halnya di Turki. Cerita dari Najmar di bukunya “Finding Rumi” menyatakan kalau para wanita Turki tak satupun yang mengenakan mukena ketika Sholat. Menurut Najmar ibadah dipengaruhi oleh kultur atau budaya setempat.
Jadi, kalau ada niatan pergi ke Turki untuk berjualan mukena. Silahkan urungkan niat anda mulai dari sekarang. Karena tak bakal ada satupun yang akan tertarik untuk membelinya.

No comments: