Monday, August 3, 2015

The Moneyless Man - Mark Boyle

 The Moneyless Man - Mark Boyle
Ini bukan Novel, tapi membaca buku karangan Mark Boyle bagaikan membaca sebuah novel. Sebuah kisah nyata yang ditulisnya dalam sebuah buku. Pengalaman satu tahun hidup tanpa uang. Bagi siapapun di zaman modern tentu saja tidak pernah seorangpun yang membayangkan hidup tanpa uang. Bahkan mungkin akan merasa tak bisa hidup tanpa uang. Begitu besarnya ketergantungan manusia terhadap uang membuat Mark Boyle begitu prihatin. Karena efeknya ternyata sangat besar terhadap kehidupan.

Sekarang ini manusia begitu sibuknya memperebutkan uang. Dengan berbagai macam cara ingin memiliki harta kekayaan yang melimpah. Bahkan rela berhutang di bank untuk menikmati gaya hidup yang diinginkan. Hilangnya budaya kerjasama antar manusia ketika semua hal harus dihargai dengan uang. Dahulu orang-orang akan senang hati membantu tetangganya yang akan membangun sebuah rumah. Tapi kini, siapapun tak akan ada yang mau membantu orang lain untuk mengerjakan sesuatu tanpa ada imbalan uang. Uang memang telah mengubah perasaan manusia. Uang juga telah membuat manusia merusak lingkungan. Ekspoitasi hutan besar-besaran, mengambil hasil tambang, minyak hanya untuk memperkaya diri tanpa memperdulikan lingkungan hidup. Itulah beberapa faktor yang menyebabkan Mark Boyle memutuskan untuk melakukan eksperimen Setahun Hidup Tanpa Uang. 

 The Moneyless Man - Mark Boyle
Berbagai macam hal harus dipersiapkan untuk menjalani hidup tanpa uang. Karena tentu saja dia harus memiliki rumah. Tanpa harus membayar tagihan listrik, tagihan air dan berbagai macam pajak. Di dalam buku ini dijelaskan secara detail bagaimana Mark Boyle menjalani hidupnya satu tahun tanpa uang. Bahkan dia merasa hidupnya sangat menyenangkan. Buku ini wajib dibaca untuk semua orang. Bukan hanya para pecinta lingkungan. Semua orang harus sadar jika alam yang kaya ini harus kita jaga dengan sebaik-baiknya. Mengambil hasil bumi secukupnya. Dan seminim mungkin melakukan hal-hal yang membuat polusi. Selain itu supaya semua orang juga harus sadar. Uang bukanlah sumber utama kebahagiaan di dunia ini. Kebahagiaan adalah jika kita bisa bersyukur dan menikmati apa yang sudah Tuhan berikan dan apa yang sudah kita usahakan.

No comments: