Tuesday, October 30, 2012

5 Dasar Tujuan Pacaran



Pacaran seringkali diartikan secara dangkal sebagai teman khusus, atau hubungan yang sangat dekat. Antara laki-laki dan perempuan yang saling tertarik, sehingga membuat mereka selalu melakukan segala sesuatu bersama-sama. Bahkan pacaran hanya dianggap sebagai suatu kegiatan untuk sekedar bersenang-senang. Pacaran itu harus memiliki tujuan yang jelas.
Ada Lima tujuan dasar dalam pacaran, yaitu:
1.      Untuk bertumbuh secara sosial, emosional dan rohani.
2.      Untuk belajar bagaimana berkomunikasi
3.      Untuk memenuhi kebutuhan mencintai dan dicintai
4.      Untuk menikmati keindahan masa muda
5.      Untuk membentuk gambaran keluarga ideal.
Dengan menyadari kelima tujuan dasar berpacaran, remaja maupun dewasa dapat lebih mempersiapkan dirinya sebelum memasuki hubungan pacaran. Salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah belajar mengenali diri sendiri terlebih sebelum belajar mengenali orang lain. Dalam memilih pacar, sudah ada sedikit standar (kriteria) tersendiri yang sesuai dengan kepribadian dan keinginannya.
Remaja maupaun dewasa harus mempersiapkan dirinya dengan baik sebelu berpacaran. Berbagai konsekuensi dalam berpacaran haruslah sudah dipertimbangkan terlebih dahulu. Bukan perasaan gengsi terhadap teman-teman yang sudah berpacaran, yang membuat ikut berlomba-lomba mencari pacar, melainkan kesadaran dan perasaan yang tulus. Tanpa disadari kesadaran dan perasaan yang tulus serta komitmen bersama, pacaran hanya menjadi ajang coba-coba. Hal ini sangat berbahaya karena pacaran akan kehilagan makna dan bisa terjerumus kedalam hal-hal yang tidak diinginkan.

No comments: