Saturday, February 8, 2014

Bagaimana Posisi Tidur Anda?

Aylla R N
Badan terasa pegal-pegal ketika bangun tidur? Banyak orang sering merasakan itu. Banyak hal yang menjadi penyebabnya. Karena terlalu lama tidur, bantal yang kurang nyaman, kasur yang terlalu keras, atau bahkan karena posisi tidur yang salah?
Nah, kali ini Miss bakal bahas mengenai posisi tidur. Hampir semua orang tidak tahu bagaimana posisi mereka ketika tidur. karena Yang namanya orang tidur pasti nggak sadar donk!!!
Yang jelas secara garis besar ada beberapa posisi tidur yang sering kita kenal, yaitu :
Nurratih Alfiana ketiduran
1. Tidur Telentang
Posisi ini bisa mencegah sakit leher dan punggung, meminimalkan keriput dan menjaga bentuk payudara tetap baik. Tapi miss tidak menyarankan untuk anda yang mempunyai kebiasaan mendengkur. Rahang dan tenggorokan juga di bawah pengaruh gravitasi yang menyebabkan tenggorokan menyempit sehingga menghasilkan turbulensi udara yang menyebabkan getaran dan dengkuran.

2. Tidur Menyamping
Posisi ini dapat mengurangi kebiasaan mendengkur dan merenggangkan tulang belakang. Jika anda nyaman tidur dengan posisi menyamping/miring, Miss menyarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kanan. Posisi miring ke kiri akan membebani jantung dengan berat badan anda. Pada saat itu juga jantung juga harus memompa darah. Ini dapat menyebabkan kelelahan jantung dan berakibat fatal dalam jangka panjang. Dampak buruk lain untuk wanita adalah bisa menyebabkan kerutan dan payudara mengendur.

3. Tidur Meringkuk
Posisi seperti ini sering dilakukan ketika sedang berada di cuaca dingin. Namun posisi tidur meringkuk membatasi pernapasan diafragma, menimbulkan kerutan dan payudara mengendur. Jika Anda suka tidur dengan posisi ini, sebaiknya jangan meringkuk terlalu ekstrem.

4. Tidur Tengkurap
Posisi tidur yang paling buruk. karena menekan jantung, paru-paru dan perut. Tetapi posisi tengkurap baik untuk mereka yang mendengkur karena saluran udara atas menjadi lebih terbuka. Jika Anda tidak memiliki riwayat sakit punggung, leher dan suka mendengkur, posisi tidur tengkurap merupakan pilihan tepat.  Saat tidur tengkurap gunakan bantal di bawah perut dan pinggang. Hindari penggunaan bantal di kepala atau kecilkan ukurannya karena akan menekan leher Anda.

Nah,,, itu dia posisi tidur yang bisa Miss Aylla share buat anda. Semoga bermanfaat!!

No comments: