Wednesday, April 2, 2014

Burned Alive Tindak Kejahatan Atas Nama Kehormatan


Burned Alive By Souad
Burned Alive, kisah nyata yang mengguncangkan tentang seorang perempuan yang  lolos dari pembunuhan atas nama kehormatan. Kisah yang dialami dan ditulis oleh Souad. Perempaun yang berasal disalah satu desa di Pakistan yang masih memegang teguh adat istiadat kuno. Kebiasaan merendahkan wanita, memukuli, menyiksa, menjadikan mereka budak yang tak berharga. Bahkan diceritakan seorang ibu tega mencekik anaknya hingga mati jika itu perempuan. Didesa itu seorang gadis dilarang menatap wajah laki-laki, berjalan dengan tegak dan membantah. Seorang perempuan harus bekerja, menurut, berjalan cepat dengan menatap kaki.

Di buku ini, Souad diceritakan mengalami kekerasan yang luar biasa setiap hari. Bukan hanya dia yang mengalami kekerasan. Semua perempuan didesa itu mengalami hal yang sama karena itu merupakan hal yang wajar. Laki-laki dianggap seperti raja yang berharga tapi perempuan diperlakukan seperti budak. Perempuan yang melanggar peraturan, seperti menatap mata laki-laki, tidak memakai pakaian panjang yang menutupi seluruh tubuh, berbicara dengan laki-laki selain keluarga akan dihukum, bahkan dibunuh.

Kisah yang sangat mengenaskas, kesaksian hidup seorang wanita yang dibakar hidup-hidup karena hamil dan dianggap berzina. Namun, Souad yang berhasil selamat dari kematian memulai kehidupan barunya di Eropa. Memiliki seorang suami yang baik, dan 3 orang anak yang sangat dia sayangi. Souad dianggap telah mati didesanya dan hidup kembali di Eropa dengan keluarga barunya.

No comments: