Thursday, June 4, 2015

Masjid Modern Islam Terbesar Pertama Di Dunia


Masjid Shah Faisal Ketika Siang Hari
Saat ini aku sedang membaca buku berjudul The Kite Runner karya Khaled Hosseini. Buku tersebut sebagian besar berlatar di Afganistan dan Amerika. Namun ada beberapa yang berlatar di Pakistan. Salah satu tempat tersebut adalah Masjid Shah Faisal yang menurut penulis merupakan masjid terbesar di dunia. Akupun mencari informasi lebih detail mengenai masjid Shah Faisal. Ternyata Masjid Shah Faisal memang pernah menjadi masjid terbesar di dunia dari tahun 1986 sampai 1993. Pada akhirnya masjid-masjid di berbagai negara Islam dibangun dan diperluas yang menyebabkan posisi Masjud Shah Faisal sebagai masjid terbesar didunia tergeser. Terbukti orang lebih mengenal Masjid Nababi Madinah dan Masjid Al Haram di Mekkah. Ya penyebabnya tentu saja karena kedua masjid tersebut menjadi salah satu tempat ibadah kaum muslim yang sedang melaksanakan ibadah Haji maupun Umroh.


Masjid Shah Faisal bukan hanya besar, namun juga indah. Terletak di Kota Islamabad, Pakistan. Dirancang oleh Arsitek Turki bernama Vedat Dalokay. Nama masjid Shah Faisal diambil dari nama Salah satu Raja Arab Saudi, Raja Faisal bin Abdul Aziz yang ikut membiayai pembangunan masjid tersebut.
Masjid Shah Faisal di malam hari


Jika kita melihat dari gambar, Masjid ini terlihat seperti tenda dengan 4 pilar raksasa di setiap sisi luarnya dengan tinggi 90 meter. Masjid ini sempat mendapat kritikan mengenai desain awal yang jauh dari unsur tradisional. Bisa dikatakan Masjid Shah Faisal ini merupakan masjid dengan arsitektur Islam modern. Terinspirasi oleh tenda gurun Beduouin dan kubik Ka'bah di Mekkah.

Di dalam area masjid Shah Faisal terdapat Universitas Islam Internasional (The International Islamic University). Terdapat perpustakaan, ruang kuliah, museum dan cafe.





No comments: