Wednesday, March 14, 2012

3 Bulan Bersama Blogger Bojonegoro

Pertama Kali Gabung
Masih teringat jelas di pikiranku ketika itu adalah hari Minggu di bulan ke 11 di Tahun 2011. Pertama kalinya aku bergabung di Komunitas Blogger Bojonegoro diacara Njungok edisi Minggu, 13 November 2011. Dari situlah aku bisa mengenal seorang cewek berjilbab dengan senyuman manis terlukis di wajahnya ketika berjabat tangan dan mengenalkan diri kepadaku, “Mbak Vira”. Dan saat itu juga aku mengenal seorang Pembina pramuka yang ikut bergabung dengan Blogger Bojonegoro untuk bisa memperkenalkan Pramuka di masyarakat melalui Blog, panggil saja dia “Kak Didik”. Tapi, ada lagi lho yang namanya “Didik” tapi tubuhnya lebih kecil dari Kak Didik Pembina Pramuka. Lalu yang lebih penting lagi adalah, aku juga bertemu dengan seorang yang luar biasa membuat aku kagum. Dia adalah pak Prawoto, memang dia sudah sangat tidak asing lagi dengan panggilan itu. Karena dia adalah seorang Guru. Aku lebih suka memanggil dia “Om Praw” biar lebih akrab.
Pertama kali mengikuti kegiatan yang diadakan Blogger Bojonegoro yaitu “Dari Ujung Ke Ujung”. Tepatnya satu Minggu setelah aku ikut bergabung di Blogger Bojonegoro, 20-11-2011. Keliling Bojonegoro bersama teman-teman baru sungguh sangat mengasyikan. Berkumpul di option net dan dilanjut ke Wisata Kebun Belimbing Ringinrejo, Kalitidu. Lalu ke Jembatan Malo, Malo.  Desa Pengrajin Grabah, Makam wong Kalang, dan yang paling menajubkan adalah melihat langsung proses pengambilan minyak bumi tradisional. Dan kemudian diakhiri dengan menikmati kelip-kelip lampu di Ekson Mobil yang sangat menakjubkan, bagaikan berada di Amerika.
Pemenang Menulis Surat Untuk Guru
Tanggal 25 Nopember bertepatan dengan “Hari Guru Nasional”. Dalam rangka memperingatinya Blogger Bojonegoro mengadakan lomba “Menulis Surat Untukmu Guruku” dengan tema “Guruku Pelita Hidupku”. Beberapa hari sebelum hari guru diperingati beberapa anggota Blogger Bojonegoro sibuk menyebarkan pamflet ke sekolah-sekolah dan menyiarkannya ke radio-radio. Dan bertepatan pada tanggal 25 Nopember 2011 beberapa anggota Blogger Bojonegoro mengunjungi salah satu guru yang telah beruntung mendapatkan surat dari salah satu muridnya. Ibu guru yang dikunjungi itu adalah Ibu “Muntianah”, sedangkan yang menulis suratnya adalah mantan muridnya “Rifaun Na’im”. Dikediaman Bu Muntianah, kita sedikit mengobrol dan menceritakan bagaimanakah Rifaun itu ketika waktu masih sekolah di MAN. Kebetulan karena Mas Faun sekarang kuliah di Jogja jadinya dia tidak ikut pergi berkunjung ke rumah Bu Muntianah. Om Praw membaca surat dari Mas Faun dengan sangat menghayati sedangkan Bu Mun yang mendengarnya pun ikut terhanyut dengan kata-kata yang ditulisakn oleh Mas Faun tersebut. Aku pun tidak mau kalah dari Mas Faun, di hari-hari akhir aku pun menulis surat kepada seseoarang yang ku anggap sudah banyak sekali berbagi ilmu denganku. Dia adalah Dedek, ketua Blogger Bojonegoro. Dan Akhirnya pemenang Lomba pun diumumkan. Guru yang mendapatkan surat dari murid yang telah berhasil menjadi pemenang dikunjungi dan diberikan sebuah Piagam sebagai symbol penghargaan untuk para guru dan para penulis juara 1, 2, 3.
Jum’at, 09 Desember 2011 Blogger Bojonegoro mengikuti kegiatan yang diadakan Perpustakaan Umum di MCM bersama dengan para Guru-guru dan pengurus perpustakaan di berbagai wilayah kabupaten Bojonegoro. Disana membahas tentang perpustakaan dan segala hal yang berhubungan dengannya. Diskusi itu pun membahas tentang sarana dan prasarana yang dibutuhkan perpustakaan umum Kota Bojonegoro untuk lebih meningkatkan kenyamanan para pengunjung. Dimulai dari membicarakan kondisi perpustakaan umum saat ini. Pengembangan jangka pendek dan jangka panjangnya. Fasilitas, Layanan, serta koleksi buku-bukunya. Dan yang paling penting adalah program-progam dari Perpustakaan untuk meningkatkan minat baca masyrakat.
Senin, 12 Desember 2011 aku juga sempat mengunjungi pameran Fotografi di SMAN 2 Bojonegoro. Dengan modelnya adalah dirinya sendiri. Semua foto yang dipamerkan adalah foto-foto dengan tema yang berbeda-beda sesuai dengan tema yang di tentukan oleh gurunya. Fotonya keren-keren, ada yang bertemakan air, transportasi, olahraga, pemandangan alam, dan sebagainya.
Masih di bulan yang sama, di SMAN 2 Bojonegoro mengadakan pesta rombong. Diikuti oleh seluruh kelas di SMAN 2. Setiap kelas membuat sebuah stand dengan ciri khas masing-masing. Dan juga mengenakan busana sesui dengan tema yang mereka usung di tiap kelasnya. Disana kamu akan menemukan berbagai jenis makanan dan minuman serta jajanan yang bervariasi yang dijajakan di setiap stand. Memang itu adalah pertama kalinya aku mengunjungi acara pesta rombong seperti itu. Ketika itu, aku kebetulan mengajak adikku yang sedang liburan sekolah.
Waduk Pacal
Di akhir bulan, Blogger Bojonegoro tentunya mengadakan acara njungok yang selalu rutin diadakan setiap bulannya. Di Bulan Desember 2011 adalah ke dua kalinya aku mengikuti acara njungok tersebut. Kita membahas acara apa saja dan siapa sajakah yang akan mengisi acara di Radio Blogger Bojonegoro. Serta yang tidak kalah menariknya, kita membahas tentang acara perayaan tahun baru yang akan kita rayakan bersama-sama di Gunung Pandan.
Tahun baru pun telah di depan mata. Yang dinanti-nanti telah datang. Sabtu, 31 Desember 2011 sesuai dengan rencana yang telah dibahas di acara Njungok, kita akan melewatkan malam pergantian tahun di Desa Krondonan Kecamatan Gondang. Blogger Bojonegoro bersama beberapa murid SMAN 2 Bojonegoro yang tergabung dalam “PAKUPALU” berangkat bersama-sama ke tempat tujuan. Kita menghabiskan malam tahun baru di SMPN 2 Gondang. Pada pagi harinya kita pergi ke air terjun. Dilanjutkan dengan naik ke gunung Pandan. Sungguh sangat melelahkan, tapi benar-benar sangat seru!
Sampai dirumah Pukul 5 sore, aku benar-benar kelelahan. Namun, masih ada acara di Aula Bass FM. Yaitu, kopi darat bersama teman-teman dari Etalase Online dan teman-teman yang telah lama bergelut di bisnis berjualan melalui dunia maya. Terdapat beberapa narasumber yang telah berhasil menuai untung di penjualan on line nya.
OBLONG MERAH MUDA
Di awal bulan Januari adalah bulan yang sangat menakjubkan buatku. Di awal tahun ini aku bisa jalan-jalan ke Malang bersama rombongan Blogger Bojonegoro yang ikut datang dan memeriahkan acara ulang tahun Blogger Ngalam yang ke 4. Disana aku bisa bertemu dengan para Blogger di seluruh Indonesia. Yach, meskipun kebanyakan dari pulau Jawa tapi setidaknya aku bisa punya banyak kenalan baru dari blogger daerah lain selain Bojonegoro sendiri. Waktu di Malang acaranya sangat seru sekali, bertemakan “#OBLONGMERAHMUDA”.
Pertama kali aku berkomunitas memang bergabung bersama Blogger Bojonegoro, sangat menirk dan mengasyikkan. Dengan berkomunitas aku bisa mempunyai banyak teman, banyak pengalaman, bisa saling berbagi pengalaman dan bisa saling berbagi pengetahuan. Asyikkan berkomunitas memang benar-benar bisa aku rasakan. Meskipun aku baru 3 bulan ikut bergabung dan selalu aktif bersama teman-teman, tapi aku sudah bisa merasakan banyak sekali hal baru dan banyak manfaat. Dulunya aku memang tidak terlalu sering berhubungan dengan orang lain selain teman-teman sekolah. Tapi, dengan ikut berkomunitas kini aku bisa memiliki banyak teman. Menemui hal baru, mengetahui beragam cerita dari orang lain, kini aku mengerti betapa pentingnya mempunyai banyak teman. Kita adalah makhluk sosial yang selalu butuh orang lain untuk bisa mempertahankan hidup. Punya banyak teman memang benar-benar menyenangkan.
Bulan Februari 2012 aku libur Semester. Aku tidak bisa bertemu dan berkumpul sama teman-teman. Perjalanan satu jam harus ku tempuh dari rumah untuk ke Bojonegoro. Selama aku tidak kuliah, aku harus selalu berada di rumah. Jadi, selama satu bulan aku hanya berhubungan dengan teman-teman melalui Jejaring Sosial Facebook. Akhirnya bulan Maret pun tiba. Aku sudah lama menunggu bulan ini. Karena aku tahu kalau pada Rabu 7 Maret 2012 Blogger Bojonegoro akan merayakan Ulang Tahunnya yang pertama. Aku tidak sabar untuk ikut merayakannya dan bisa berkumpul sama teman-teman yang benar-benar sudah sangat ku rindukan. Biar bagaimanpun keadaanya, aku sudah berjanji pada diriku sendiri aku harus bisa datang di ultahnya Blogger Bojonegoro. Perayaan ultahnya dirayakan pada Sabtu 10 Maret 2012, jadi pada hari itu juga aku berangkat ke Bojonegoro meskipun sebenarnya ada saja masalah yang membuatku harus sedikit menunda keberangkatanku. Namun, akhirnya aku bisa meluncur ke Bojonegoro dan bisa bertemu dengan teman-teman lagi.
Perayaan ultah Blogger Bojonegoro yang pertama ini memang dirayakan sangat sederhana. Dengan sebuah tumpeng nasi kuning dan beraneka ragam lauk yang terjejer di samping tumpeng yang ditaruh di sebuah nampan yang terbuat dari anyaman Bambu. Semua yang disajikan adalah masakan dari Mbak Lely dan dibantu oleh Dedek dan Mas Aryv. Eh, tapi ada beberapa makanan yang dimasak oleh Mbak Vira juga kok. Kalau aku, hmmm tinggal makan saja. Perayaan 1 tahunnya Blogger Bojonegoro dirayakan di sebuah tempat yang belum pernah aku kunjungi sebelumnya. Meskipun aku sering sekali melewati tempat tersebut. Di Kampung baru gg ke 1, padahal rumahku berada dig gg ke 3. Mungkin sangat keterlaluan juga kalau aku tidak pernah berkunjung ke tempat itu. Tempat itu adalah Rumah Baca! Tempat ngumpunya para Sindikat Baca! Tadinya ultah akan dirayakan dirumahnya Om Praw, tapi karena adanya perbaikan di sana jadinya tempatnya di ganti di Rumah Baca.



3 comments:

Anonymous said...

seru seru.. ^_^

www.unknown95.blogdetik.com

GanasPati said...

wiiiiiiiiiih, manteb . . . Salam Dari Blogger Pati ..

Tpi sayank Blogger Pati Belom ada Komunitasnya (setahuku sich) ...

Unknown said...

aku juga belum pernah dengar tentang blogger pati sich