Wednesday, September 19, 2012

Nazar Bonjugu Jimatnya Orang Turki

Sebagian orang Indonesia masih percaya akan jimat. Suatu benda yang dianggap bisa melindungi pemakainya dari musibah, bahaya, dan keadaan-keadaan buruk. Begitu pula di Turki. Orang-orang Turki percaya akan adanya Evil Eye. Sebuah mata dengan kornea biru dengan iris hitam dipercaya kalau memiliki niat jahat akan langsung terlaksana, sehingga dinamakan Evil Eye.
Orang Turki percaya kalau Manik Evil Eye atau biasa disebut Nazar Bonjugu merupakan jimat yang melindungi diri dari Evil Eye. Perasaan iri dan dengki menyebabkan kerusakan dan dengan mata jimat Nazar Bonjugu semua energy buruk akan berhenti dan  diarahkan ke jimat. Sebuah kepercayaan zaman dulu yang akan sering ditemui di negara-negara sekitar Laut Mediterania, Arab, Turki dan India.
Nazar Bonjugu atau Jimat Evil Eye sangat khas di Turki: sering terlihat tergantung di atas pintu, digunakan sebagai gantungan kalung, anting-anting, gelang, atau aksesoris pakaiana.
Menurut cerita Najmar di Bukunya Finding Rumi Jimat Evil Eyes ini sangat mudah ditemui di toko aksesoris di Turki. Orang-orang Turki merasa bangga dengan aneka ragam warna kornea mata yang mereka miliki.

No comments: