Sunday, December 23, 2012

Apa Yang Kamu Lakukan Saat Liburan Panjang?

Jika kamu berada dalam situasi ingin jalan-jalan tapi enggak punya duit seperti ini, ada ide untuk mengisi waktu, seperti dituangkan Trinity dalam bukunya, The Naked Traveler 2.

1. Naik kendaraan umum, seperti bus atau trem, dan ikuti trayeknya sampai habis, lalu balik lagi. Bus umum adalah mode transportasi termurah. Saat masih ingin jalan-jalan melihat kota, cara begini ditanggung menyenangkan, tidak nyasar, dan tetap hemat. Kamu akan bisa menemukan tempat-tempat nonturistik, mengetahui kebiasaan orang-orang lokal, melihat perumahannya, bahkan menertawakan iklan billboard yang lucu-lucu.

2. Pergi ke taman umum atau alun-alun, duduk-duduk sambil memperhatikan orang lalu lalang. Inilah kesempatan bagi kamu untuk jadi "fashion police", memperhatikan gaya berbusana penduduk lokal. Selain itu juga mengamati bagaimana orang bertransaksi, mendengar bahasa asing, dan menertawakan kesialan orang. Menurut Trinity, dari aktivitas ini ia berkesimpulan, di negara barat, pria blue collar lebih banyak yang ganteng daripada pria white collar. Mungkin karena pria berjas lebih stres dan kurang menikmati hidup, sehingga mukanya kusut.


3. Tidur. Kenapa harus merasa bersalah kalau tidur lama dan bangun siang? Traveling itu melelahkan karena membuat kamu harus banyak berjalan kaki. Dengan demikian, tidur bisa jadi sarana me-recharge diri.

4. Berenang. Kalau sedang kehabisan ide, atau sedang kepanasan, berenang saja di kolam renang hotel. Kalau tidak ada, berenang lah di pantai terdekat atau di kolam renang publik. Jika kamu berani, diam-diam berenang di hotel berbintang, lalu belagak bego ketika diminta bayar.

5. Ke supermarket atau pasar tradisional. Bukan untuk berbelanja, melainkan untuk memperhatikan produk-produk lokal yang aneh-aneh, dan membandingkan harganya sehingga tahu taraf hidup penduduk di suatu tempat. Cobalah jajanan pasar atau perhatikan jenis makanan setempat. Kalau untung, Anda bisa dapat barang loak bermerek yang murah, lho.

6. Pergi ke resepsionis, ajak kenalan petugasnya, lalu ngobrol-ngobrol. Mereka bisa jadi sumber informasi arah jalan dan tempat makan termurah tapi enak. Karena sering bergaul dengan penduduk lokal, Trinity sering diajak main ke tempat gaul orang lokal, bahkan mendapat makanan gratis. Resepsionis juga sumber utama gosip. kamu tak ingin ketinggalan gosip-gosip setempat, kan?

7. Main internet.

8. Jika kamu merasa bosan dan jenuh terhadap kegiatan yang anda lakukan saat liburan, cobalah untuk beres-beres di rumah anda. Apa manfaat beres-beres rumah? Banyak. Salah satunya adalah kita bisa memperoleh semangat baru saat sekolah nanti.


9. Baca buku, menulis, atau menggambar. Sebenarnya kegiatan ini bisa dilakukan kapan saja, tetapi jika tidak ada pekerjaan, asyik juga kan, leyeh-leyeh sambil membaca?

10. Jalan-jalan bareng teman

Ini adalah hal yang biasa dilakukan saat liburan. Biasanya mereka akan ke tempat wisata, mal, taman kota, atau restoran fast food terdekat. Yang bisa kita rasakan adalah kebersamaan. Kita akan merasa bahagia bila kita bisa jalan-jalan bareng teman tercinta. Selain itu, kita juga bisa jalan-jalan bareng keluarga kita.

11. Jogging atau sepeda santai
Jika kita dan teman kita tidak memiliki biaya untuk jalan-jalan yang jauh. Kita bisa mengajak mereka untuk jogging atau sepeda santai saat Minggu pagi. Kita bisa melakukan itu di taman kota, jalan yang digelar fun bike, atau tempat yang biasa digunakan untuk jogging atau sepeda santai.

12. Nonton film

Anda juga bisa menyewa atau membeli(HARUS YANG ORIGINAL!) film favorit anda. Entah itu drama korea, film Indonesia, animasi, superhero, dan lain-lain. Selain berbentuk DVD, kamu juga dapat menontonnya di bioskop atau di TV. Banyak channel TV yang memberikan tayangan film berkualitas selama liburan.
6. Melakukan kegiatan sosial

Jika kamu adalah orang yang peduli sesama, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan sosial. Kamu bisa memberikan sumbangan ke panti asuhan, pondok pesantren, atau panti jompo. Selain itu, anda juga bisa melakukan kegiatan penghijauan. Pelajaran akan banyak anda ambil dari kegiatan ini. Namun ingat, memberi uang kepada pengemis tidak saya sarankan karena hanya akan membuat mereka menjadi pemalas.

13. Melakukan hobi kamu

Saat liburan, kamu bisa lebih leluasa melakukan hobi kamu. Jika saat sekolah anda tidak bisa melakukannya karena tidak ada waktu luang, sekarang anda bisa melakukannya dengan lebih leluasa ketika berlibur.

14. Belajar atau mengikuti les tambahan

Jika anda ingin memperdalam materi pelajaran yang akan anda dapat saat tahun ajaran baru, anda bisa belajar atau mengikuti les tambahan. Sekarang, banyak bimbingan belajar yang menyediakan fasilitas belajar saat liburan. Selain itu, anda juga bisa membaca artikel-artikel yang berada di label materi pelajaran.

15. SMSan :D

Jika anda benar-benar bosan, anda bisa SMS an dengan teman atau SMS an dengan pacar anda. Jika bagi anda SMS an terlalu mahal dan memboroskan, anda bisa berkomunikasi melalui jejaring sosial yang biasanya lebih murah.

No comments: