Saturday, December 1, 2012

Becak Keluarga Tumbuhkan Kekompakan Keluarga


Naik Becak Keluarga Keliling Alun-Alun Bojonegoro


Asal-usul becak diyakini berawal dari kendaraan serupa yang pertama kali beroperasi di Jepang yaitu jinrikisha (, jin = manusia, riki = daya atau tenaga, sha = kendaraan) sekitar tahun 1868 saat restorasi Meiji. Kata "jinrikisha" mulai masuk dalam kamus Oxford English Dictionary tahun 1887.


Awalnya becak ditarik oleh tenaga manusia yang berjalan. Kemudian munculah becak dengan dilengkapi dengan media kayuh seperti sepedah. Seiring berjalannya waktu kini pun hadir becak motor yang menggunakan tenaga mesin. 


Dari berbagai modifikasi becak, kini pun hadir becak keluarga. Bisa digunakan banyak penumpang dengan banyak media kayuh. Namun tetap hanya ada satu pengemudi. Becak keluarga kebanyakan dijumpai  di alun-alun kota. Ternyata banyak yang tertarik untuk menggunakan becak keluarga ini. Mengitari alun-alun kota bersama keluarga atau teman-teman sambil menikmati suasana kota. Becak keluarga ini selain dapat menumbuhkan kebersamaan juga mampu menyatukan keluarga dalam kekompakan. Berusaha mengayuh bersama-sama untuk dapat menggerakkan becak.

No comments: