Thursday, December 29, 2011

Pesta Siaga Pramuka

Juara Pesta Siaga Putra/Putri SDN Sale 1
Pramuka adalah salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang biasanya diwajibkan disuatu sekolah, dari mulai tingkat SD sampai tingka SMA. Sejak SD, para murid sudah diperkenalkan sebuah gerakan kepanduan ini, tingkatan awal dari anggota Praja Muda Karana ini adalah "Siaga".
Ketika aku kelas 3 SD dulu, Aylla pernah mengikuti acara pramuka untuk siaga yang biasanya lebih dikenal dengan nama "PESTA SIAGA" di Pesta siaga itu,  Aylla adalah salah satu murid yang mewakili SDN Sale 1. Karena ketika Aylla ikut pesta siaga itu, semua peserta dipilih dari setiap sekolah se kecamatan Sale dan dikumpulkan menjadi 1 Barung untuk mengikuti Pesta Siaga di Kabupaten Rembang. Pada waktu itu, kecamatan Sale menang dan berhasil mengikuti pesta siaga sampai ke Karesidenan Pati. Dan hanya cukup puas sampai Karesidenan Pati. Tapi sayang banget, karena Aylla tak punya Foto waktu mengikuti pesta siaga itu.

Nah, ketika Dek Ifta memasuki kelas 3 SD. Dia juga mengikuti kegiatan pesta siaga Di SDN Sale 1. Tapi sudah beda aturan lagi. Saat itu, tidak lagi dipilih perwakilan tiap SD untuk mewakili kecamatan, namun peserta siaga dikumpulkan tiap sekolah. Jadi, tiap sekolah memberikan perwakilan 2 Kelompok atau dalam Pesta Siaga disebut "BARUNG" barung putra dan barung putri. Pesta siaga memang sangat favorit dikalangan anak-anak waktu itu, bahkan sekarang juga masih kok.
Pesta Siaga adalah pertemuan untuk golongan Pramuka Siaga. Pesta Siaga diselenggarakan dalam dan/atau gabungan dari bentuk:
Barung Merah SDN Sale 1
  1. Permainan Bersama, adalah kegiatan keterampilan kepramukaan untuk golongan Pramuka Siaga, seperti menyusun puzzle, mencari jejak, permainan kim dan sejenisnya.
  2. Pameran Siaga, adalah kegiatan yang memamerkan hasil karya Pramuka Siaga.
  3. Pasar Siaga (Bazar), adalah simulasi situasi di pasar yang diperankan oleh Pramuka Siaga sebagai pedagang, sedangkan pembelinya masyarakat umum.
  4. Darmawisata, adalah kegiatan wisata ke tempat tertentu yang pada akhir kegiatan Pramuka Siaga harus menceritakan pengalamannya, dalam bentuk lisan maupun tulisan.
  5. Pentas Seni Budaya, adalah kegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Siaga.
  6. Karnaval, adalah kegiatan pawai yang menampilkan hasil kreatifitas Pramuka Siaga.
  7. Perkemahan Satu Hari (Persari), adalah perkemahan bagi Pramuka Siaga yang dilaksanakan pada siang hari.
Untuk memperkenalkan Pramuka pada anak-anak memang harus diberikan pemahaman pada anak kalau Pramuka itu menyenangkan. Di dalam pesta siaga kita diajarakan untuk cerdas, cermat, kreatif, dan cerdik. Jadi, intinya anak-anak itu dijarkan untuk belajar sambil bermain dengan media yang menyenangkan.

No comments: